Back to Pos

Membuat Tepung Maizena – Mudah Kaya manfaat !

CV.Industri Kreatif – Pada artikel sebelumnya tentang “Macam – Macam Peluang Usaha Olahan Jagung” sudah kami sebutkan beberapa peluang usaha yg mungkin bisa jadi ide bisnis anda.

Di beberapa daerah, jagung merupakan makanan pokok. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jagung dapat digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan.

Bermacam-macam olahan makanan dari bahan jagung tersebut antara lain adalah bakwan, perkedel, sup, martabak, sweet corn, Jasuke, hingga es krim.

Selain diolah menjadi berbagai olahan makanan tersebut, jagung juga dapat diolah menjadi tepung jagung atau yang biasa kita kenal dengan tepung maizena. Oleh karena itu, penulis akan membagikan artikel tentang cara membuat tepung jagung yang sangat mudah ini.

di artikel kali ini akan kami coba ulas langkah – langkah untuk mengolah bahan jagung di jadikan ide bisnis baru.

Anda yang hobi masak atau sekadar ingin coba-coba saja bisa dengan mudah membuatnya di rumah karena bahan dan alatnya sangat mudah didapatkan, simak langkah – langkah nya di bawah ini !

Membuat tepung maizena

Bahan

Bahan utama adalah jagung – secukupnya, anda dapat mencoba bereksperimen dengan bahan baku nya mungkin 1 – 10kg terlebih dahulu untuk mencoba apakah hasilnya nanti bagus atau tidaknya

Peralatan

  • Mesin Diskmill
  • Mesin Pemipil Jagung Mini
  • Saringan Atau ayakan
  • Larutan SO2

Langkah membuat sebagai berikut :

Pembersihan

Jagung dibersihkan dari debu, kerikil, pasir atau potongan tongkol. Pembersihan dapat dilakukan dengan penyedotan atau penyaringan.

Perendaman dan Pengupasan

Perendaman bertujuan untuk melunakkan biji jagung, sehingga memudahkan pemisahan kulit dan lembaga tanpa banyak kehilangan pati.

Selain itu perendaman dapat mengurangi bakteri yang akan memasuki proses penggilingan dan dapat menghilangkan bagian yang larut pada biji.

Perendaman dilakukan pada tangki/bak berlapis porselen, atau stainless steel.

Suhu perendaman antara 45-50°C untuk menghindarkan terbentuknya alkohol, Pada proses perendaman, air dalam tangki diberi sedikit SO2 0,1-0,5%.

Penggunaan SO2 bertujuan untuk membantu pelepasan pati dan Lamanya perendaman sekitar 1 hari hingga 2 hari.

Setelah perendaman tersebut, jagung menjadi lunak dan selanjutnya kulitnya dapat dikupas dengan mudah

Ekstraksi Pati

Ekstraksi pati dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara kering dan basah.

Cara kering dilakukan dengan cara, menggunakan “Mesin Pemipil Jagung” ,pipilan yang telah dikeringkan digiling menggunakan “Mesin Diskmill – Penggiling Tepung Serbaguna” hingga menjadi tepung.

Tepung jagung direndam dalam larutan NaOH 0,1% untuk menghilangkan protein. Selama perendaman dilakukan pengadukan beberapa kali.

Campuran dibiarkan pada suhu ruang sampai patinya mengendap (±3 jam) dan cairannya merupakan larutan protein dalam NaOH.

Cairan selanjutnya dipisahkan dari butir-butir pati dan pati dicuci dengan air biasa untuk menghilangkan sisa NaOH dimana protein yang masih melekat.

Pengeringan

Hasil ekstraksi berupa endapan pati yang keras. Endapan tersebut lalu diambil, berupa bongkahan atau gumpalan pati basah, selanjutnya dikeringkan hingga kadar air sekitar 14%.

Penggilingan dan Pengayakan

Anda dapat menggiling dengan “Mesin Diskmill – Pembuat Tepung Multiguna” Penggilingan dan pengayakan bertujuan untuk menghaluskan bongkahan pati jagung kasar menjadi pati halus. Penggilingan pati dilakukan 1 s/d 4 kali.

Alat penggilingan dilengkapi dengan alat pengayakan, yg dilengkapi dengan saringan lembut Alat penggiling dan alat pengayak digerakkan oleh mesin dinamo sehingga pati halus akan terpisah dari yang masih kasar.

kemudian pati yang masih kasar digiling lagi begitu seterusnya hingga diperoleh maizena halus.

Pengemasan dan Penyimpanan

Mesin Continuous Sealer Pengemas Makanan
Mesin Continous Sealer Berbagai Produk

Anda Sekarang dapat mengemas tepung maizena buatan anda dan memasarkan produk buatan anda sendiri

Anda dapat mengemas hasil dari “Pembuatan Tepung Maizena” Anda sendiri dengan mesin “Continous Sealer – Mesin Pengemas Otomatis Tenaga Listrik”

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses !!!

Share this post

Comments (2)

  • Sugeng Reply

    bisa di jelaskan lebih spesifiik dan mendetail tutorial nya membuat tepung maizena ?
    saya kurang jelas bagian yg menambahkan SO2 dan yg lainya

    Februari 17, 2019 at 03:56
    • industrikreatif Reply

      nantikan artikel selanjutnya ya, akan di bahas lebih lanjut untuk artikel “Membuat Tepung Maizena”, aktifkan notifikasi melalui email di kolom kanan website untuk menerima update notifikasi artikel terbaru kami.

      Terima Kasih.

      -Rendi

      Februari 18, 2019 at 07:45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos
Open chat
1
Halo 👋
Apa yg bisa saya bantu ?
Powered by