fbpx
Back to Pos

4 Tips Sukses Berbisnis, Ketika Belum Berpengalaman

Memiliki dan menjalankan perusahaan bukanlah tugas kecil. Ini cukup sulit bagi orang yang secara khusus belajar bisnis di sekolah.

Dan bagi mereka yang tidak belajar bisnis, tantangannya bahkan lebih menakutkan. Ketika begitu banyak mantan mahasiswa bisnis gagal, bagaimana mahasiswa dari disiplin ilmu lain?

Salah seorang entrepreneur bukan berlatar bisnis, Yi Li mematahkan ketakutan tersebut. Li memang pecinta ilmu seumur hidup.

Ia berani meninggalkan Cina untuk mengejar gelar PhD dalam fisika dengan beasiswa penuh di Louisiana State University.

Ketika dia mempelajari penyimpanan energi, teknologi baterai dan manajemen, dan kontrol biaya, ia terpikir untuk membuat perusahaan energi alternatif yang hebat.

Li tidak terhalang oleh kurangnya pengalaman bisnisnya. Pada kenyataannya, dia memulai perusahaan tenaga surya di apartemennya saat dia masih mahasiswa.

Kini, Li sudah menjadi presiden dan CEO Renogy Solar, yang memproduksi dan menjual berbagai produk bertenaga surya.

Renogy disertifikasi oleh Dewan Nasional Perusahaan Bisnis Wanita dan mendapat tempat di daftar 5000 perusahaan swasta dengan pertumbuhan tercepat.

Pada episode podcast10 Minute Tips from Top dari Kevin Daum, Li membagikan sarannya kepada orang-orang non-bisnis yang memulai sebuah perusahaan:

1 # Jangan Terintimidasi

Li tidak memiliki latar belakang bisnis, tetapi dia tidak membiarkan itu menghentikannya untuk mendirikan perusahaannya sendiri.

“Saya tidak memiliki latar belakang atau pengalaman atau pendidikan tentang menjalankan bisnis. Saya tidak pernah memikirkan kesulitan-kesulitan itu,” kenangnya.

Ketika dia mulai, tentu saja tidak semua lancar. “Saya benar-benar melewati banyak kesulitan dan tantangan, tetapi setiap kali saya melihat tantangan, saya memikirkan passion saya.

Saya memikirkan tujuan saya. Jika itu tujuan saya, lupakan bagaimana saya merasakan betapa sulitnya itu. Cobalah untuk menemukan solusi, “dia menegaskan.

2 # Jangan merasa terdorong untuk mengikuti semua aturan

Ketika dia mengakui kesulitan yang melekat dalam memulai perusahaan tanpa latar belakang bisnis, Li juga percaya mungkin ada manfaatnya jika tidak terikat pada satu filosofi.

“Kamu harus berpikir out of the box,” bantahnya. “Jangan terlalu banyak mengikuti jenis sekolah, buku, prinsip-prinsip pendidikan yang sudah tua.

Bahkan jika itu adalah pengalaman yang bagus, itu mungkin tidak berlaku untukmu.” Ia mendorong pengusaha untuk menemukan jalan mereka sendiri.

3 # Hemat

Li sangat berterus terang tentang ini: “Anda perlu menjalankan bisnis dengan hemat,” ia menekankan. “Pegawai saya benar-benar percaya pada apa yang kita lakukan,”

katanya. “Kami masih pemula, dan kami tidak membayar setinggi dibandingkan dengan banyak perusahaan Fortune 500,” akunya, tetapi perusahaannya lebih dari dolar dan sen.

“Saya mencari orang yang benar-benar ingin mengembangkan diri, karena mereka tidak di sini hanya untuk gaji. Kami menanamkan gairah dan impian ke dalam pikiran karyawan kami. Itulah cara saya merekrut orang.”

4 # Percaya

Lakukan apa yang kamu sukai! Persis itulah yang membuat Li menempuh jalan dari sains ke kewirausahaan.

“Saya benar-benar ingin menjadi ilmuwan. Saya benar-benar menyukai fisika. Yang saya pelajari adalah superkonduktivitas dan bahan semikonduktor.

Dan salah satu proyek saya terkait dengan studi energi alternatif. Jadi di sana saya melihat passion saya mulai terbentuk,” kenangnya

Apa pun panggilan Anda, ikuti apa yang membuat Anda bahagia.

Bagi Li, misinya jelas: “Saya benar-benar berpikir masa depan yang berkelanjutan adalah sesuatu yang kita semua harus berjuang dan perjuangkan,” katanya. Di manapun passion berada, kejarlah kebahagiaan.

Sumber : Kumparan.com

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos
Open chat
1
Halo ! Ada yang bisa kami Bantu ?
Halo 👋
Ada yang bisa kami Bantu ?
Powered by