Back to Pos

3 Alasan Seseorang Ingin Menjadi Seorang Pengusaha

Setiap orang pasti memiliki cita-cita sejak ketika kecil. Entah itu menjadi dokter, guru, pengusaha, pilot, dan lain sebagainya.

Ada yang memilih karena ikut orang tua atau saudara yang lebih tua, atau alasan lainnya. Nah, ingin tahu, kira-kira apa saja sih, alasan yang biasanya membuat orang akhirnya ingin menjadi seorang pengusaha? Jangan-jangan, salah satunya memang milik kalian.

1 # Bosan jadi pegawai

Alasan umum yang bisa dikatakan seseorang ketika ditanya, “Mengapa ingin jadi pengusaha?” adalah karena sudah bosan ikut orang, atau menjadi karyawan orang lain.

Sebelum kalian benar-benar memutuskan untuk ingin berbisnis, ketahui dulu, bahwa menjadi pengusaha tidak semudah kelihatannya. Mungkin banyak yang sukses,

namun juga tidak sedikit yang akhirnya harus gulung tikar sebelum merasakan apa arti kesuksesan itu. Apalagi ketika hendak memulai sebuah bisnis baru, banyak hal yang harus dikorbankan. Seperti tenaga, waktu, dan yang terpenting adalah modal.

Kata siapa jika berbisnis itu langsung sukses? Akan ada tahap dimana kalian membakar uang. Fungsinya, untuk memperkenalkan merek, dan lain sebagainya.

Alasan lain dari munculnya rasa bosan adalah tekanan dari lingkungan kerja seperti atasan atau rekan kerja yang berjalan secara terus-menerus. Sehingga,

munculah sebuah ide untuk memutuskan resign, dan memilih merintis usaha saja. Selain itu, bekerja ikut orang, biasanya hanya akan mengerjakan hal yang bersifat rutinitas.

Sehingga wajar pula, jika kalian merasa bosan dan akhirnya mengambil keputusan untuk menjadi seorang pengusaha sebagai pengalaman baru.

2 # Cita-Cita Sejak Kecil

Selain karena alasan bosan, ternyata ada juga yang memang mengidamkan menjadi seorang pebisnis sejak kecil. Hal ini, biasanya dipengaruhi karena lingkungan keluarga juga.

Ada ayah, ibu, atau saudara yang sebelumnya telah terjun ke dalam dunia bisnis. Sehingga, munculah role model atau panutan.

Jangan khawatir, perkembangan dunia saat ini ternyata memungkinkan bagi kalian yang masih berusia dini untuk mulai berbisnis. Juga tidak ada salahnya jika kalian mulai mencoba ketika masih muda.

Semakin banyak waktu, maka semakin banyak pula yang bisa kalian manfaatkan. Sebut saja seperti Sabrina dan Elena Bensawan pendiri dari Saab Shares.

Mereka memasuki dunia bisnis sejak usia 14 tahun. Bahkan ketika berusia 21 tahun, mereka berhasil masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 Asian 2019. Keren, kan?

Mereka hanyalah satu contoh dari banyak tokoh muda lainnya. Maukah kalian menjadi salah satunya?

3 # Dipaksa Situasi

Alasan selanjutnya, dipaksa oleh situasi. Mereka yang berada dalam kondisi terdesak dan tidak memiliki uang akan mencoba bertahan hidup dengan menjadi seorang pengusaha dengan menggunakan modal uang seadanya.

Berbisnis tidak harus dalam skala besar, membuka bisnis makanan yang dijajakan secara online juga bisa disebut sebagai berbisnis.

Seperti yang terjadi pada Dennis Hadi, pemilik salah satu katering makanan sehat yang saat ini sudah memiliki berbagai cabang outlet di Indonesia.

Awalnya, keluarganya terlilit hutang dengan jumlahnya yang terbilang cukup besar.

Dengan memulai bisnis ini dan menggunakan modal seadanya, akhirnya hutang tersebut mulailah tertutup.Banyak kisah menarik dari pebisnis Indonesia yang memulai karir dari kondisi nol.

Nyatanya, mereka berhasil untuk menjadikan bisnis tersebut berkembang dan sukses. Apakah kalian siap mengikuti langkah mereka?

Source : kumparan.com

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos
Open chat
1
Halo ! Ada yang bisa kami Bantu ?
Halo 👋
Ada yang bisa kami Bantu ?
Powered by